Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi, Ini Prediksinya

REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - Setelah sekian lama menghilang, kini kabar tentang fenomena alam yaitu gerhana matahari cincin dikabarkan akan terulang kembali.

  

   Hal itu diprediksi akan terjadi pada 1 September 2016. Di Indonesia, fenomena alam ini dapat dilihat sebagian wilayah berupa gerhana sebagian.

Loading...

  

   Gerhana matahari adalah peristiwa ketika terhalangnya sinar matahari oleh bulan akibat dinamisasi pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, alur gerhana matahari cincin melewati Samudra Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia.

  

   "Di Indonesia gerhana ini dapat diamati pada sore hari menjelang Matahari terbenam berupa gerhana matahari sebagian," tulis BMKG dalam laman situs bmkg.go.id, Selasa (30/8/2016).

  

   Adapun gerhana matahari sebagian dapat dilihat di Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat. Gerhana matahari diperkirakan terlihat pertama kali di langit Pacitan, Jawa Timur pada pada pukul 17.26 WIB.

  

   "Untuk selanjutnya menyebar ke daerah lainnya. Mengingat gerhana ini terjadi saat sore hari di Indonesia, semua lokasi di pulau Jawa dan Kalianda, Lampung hanya terlewati oleh kontak pertama saja untuk kemudian Mataharinya terbenam," tulis BMKG.

  

   Puncak gerhana diprediksi pertama kali akan telrihat di Seai-Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 17. 52 WIB.

  

  

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...