Pembukaan MTQ Di Inhil Ini Kental Dengan Nuansa Melayu

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Berlokasi di mayoritas penduduk bersuku melayu, acara pelaksanaan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau juga kental dengan nuansa Melayu.

Acara yang turut dihadiri o;eh Assisten I Setdakab Inhil, Afrizal, Ketua Dewan Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Al Azhar, Camat Beserta unsur kecamatan, Kepala desa dan ratusan masyarakat Inhil ini membuat lokasi tempat berlangsungnya acara tersebut dipadati oleh ribuan orang.

"Adat Melayu dan Islam memang identik dan tak akan bisa dipisahkan, dan ini terlihat dari pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Mandah yang dapat dibilang sukses," ungkap Asiaten I Setdakab Inhil, Afrizal. Selasa (3/5/2016) malam.

Loading...

Senada dengan apa yang disampaikan Asisten I Setdakab Inhil, Ketua Dewan Harian LAM Riau, Al Azhar mengatakan nuansa MTQ Kecamatan Mandah yang merupakan kampungan halaman mantan Gubernur Riau RZ ini sangat terasa kental nuansa melayu dalam perhelatannya.

"Melayu yang sebenarnya tidak terlepas dari islam dan budaya," Al Azhar.

Dikatakannya, ia sangat terkejut melihat kegiatan MTQ seperti ini bisa dilakukan di Kecamatan yang terasa dilakukan dengan ikhlas oleh masyarakatnya.

"Saya mengucapkan tahniah, apalagi sekarang ini kita sedang mencari identitas dan Mandah tetap menjujung tinggi budaya melayu yang religius yang menjadi identitasnya," pungkasnya. (Adv)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...