Sumpah Pemuda, Bupati Rohil Jadi Pembina Upacara

REDAKSIRIAU.CO BAGAN SIAPIAPI--Peringati Hari Sumpah Pemuda yang ke 78, Pemerintah Kabupaten Roka Hilir (Pemkab Rohil) menggelar Upacara di Halaman Kantor Bupati Rokan Hilir, Rabu (28/10) pagi.

Dalam upacara itu, Bupati Rohil,H Suyatno Amp  yang bertindak sebagai pembina upacara, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi yang dihadiri oleh Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Wakapolres Kompol Dani Rudiantara Sianipar, SH, SIK, Kajari, Danramil Bangko, Wakil Bupati Erianda serta sejumlah organisasi kepemudaan.

Loading...

Dengan tema "Revolusi mental untuk kebangkitan pemuda menuju aksi: satu untuk bumi". Tema ini dikatakan Suyatno dalam amanatnya didasari atas dua keprihatinan. Pertama, disuguhi fenomena baru tentang berubahnya pola realisasi kemasyarakatan akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi, dan yang Kedua, terkait fenomena pengelolaan sumber daya alam yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau suistanability development.

Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi tumpuan dunia untuk menjaga keseimbangan iklim melalui pasokan oksigennya. Namun hari ini justru menjadi negara yang menyumbang polusi terbesar di kawasan Asia Tenggara melalui kabut asap.Dampak cukup lama, dan dampak kesehatan yang paling nyata, dampak perekonomian akibat sistem transportasi yang tidak bisa berjalan dengan baik.

Suyatno juga membacakan dalam amanatnya negara sedang mendapatkan bonus demografi, dimanapenduduk dengan umur produktif sangat besar, sementara usia muda semakin kecil, dan usia lanjut belum banyak.

Hal ini akan memberikan keuntungan bagi Indonesia terutama untuk mempersiapkan strategi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Peluang tersebut tercermin berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013, usia produktifatau angkatan kerja 1188,19 juta orang, unggul dibandingkan negara Asean lain dengan perbandingan 38 : 100.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...