Bupati Rohil Sukses Minimalisir Angka Kemiskinan

Bupati Rohil saat diwawancarai awak media
REDAKSIRIAU.CO BAGAN SIAPIAPI-Selama menjabat sebagai pelaksan tugas (PLt) yang kini sudah menjadi Bupati defenitif selama dua tahun belakangan ini, H Suyatno Amp, sukses meminimalisir angka kemiskinan di Rohil dari 5,85 persen menjadi 3,75 persen.

"Alhamdulillah angka kemiskinan kita dari awalnya berjumlah 21,76 persen hingga tahun 2014 menurun menjadi 5,83 persen, dan sekarang tinggal 3,75persen. " Kata Bupati Rohil H. Suyatno saat menyampaikan sambutannya pada acara Rapat Paripurna DPRD sempena Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir ke 16 di Gelanggang Olahraga (GOR) Batu Enam, Bagan Siapiapi, Minggu (4/10) kemarin.

Menurutnya, penurunan angka tersebut dikarenakan gencarnya pemerintah daerah bersama DPRD dalam menjalankan program yang tidak lain adalah untuk mensejahterakan masyarakat.

Loading...
"Capain ini tentu membanggakan dan juga karena kekompakan masyarakat untuk senantiasa terus mendukung program pemerintah sehingga apa yang di cita-citakan secara bertahap terlaksana dengan baik," Ujarnya.

Meski demikian ia menilai masih banyak pekerjaan rumah kedepan dari berbagai sektor dan harus dilanjutkan seperti terbatasnya sarana transportasi diwilayah pesisir yang belum terjangkau serta masih mengandalkan transportasi laut.

Orang nomor satu di Rohil itu juga mengakui masih rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) meskipun terus didukung dengan sarana pendidikan yang hampir memadai.

"Saya menyadari mutu pendidikan masih rendah, namun kita tetap berupaya dengan menjalankan berbagai program seperti pemerataan kualifikasi guru dengan membuka cabang kampus Universitas Riau di Bagansiapiapi dan melanjutkan ke perguruan tinggi bagi pelajar berprestasi," Jelasnya.

Bukan hanya itu saja, Pemkab Rohil juga melanjutkan pembangunan infrastruktur di daerah terisolir, serta membangun berbagai program perumahan rakyat miskin berupa Rumah Layak Huni (RLH) dan Resettlemen.

Sementara itu di sektor kesehatan pemerintah daerah juga terus berupaya agar pelayanan kesehatan terus merata dan dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

"Saat ini kita sudah memiliki 16 Puskesmas dan 76 Pustu, serta masyarakat miskin diberikan pelayanan kesehatan secara gratis," Kata lagi.

Masih kata Suyatno, meskipun Rohil sudah  memasuki usia yang ke 16 tahun, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau masih dihadapi dengan berbagai persoalan.

"Dan salah satunya yang menjadi pekerjaan rumah itu adalah mengatasi angka kemiskinan yang saat ini masih 3,75 persen. "Ya, kami minta dukungan serta doanya masyarakat agar angka itu kita jadikan nol persen," Harapnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...