Rayakan Hari Dongeng: Bangun Literasi Anak Melalui Dongeng

 REDAKSIRIAU.CO.ID Hingga kini, dongeng sebagai sarana pembelajaran dan hiburan untuk anak masih digemari. Dongeng menurut Cambridge Dictionary adalah sebuah cerita untuk anak-anak yang biasanya melibatkan makhluk imajiner dan sihir.

Untuk merayakannya, dibuatlah perayaan Hari Dongeng Sedunia pada 20 Maret. Dikutip dari Days of The Year, perayaan ini dimulai di Swedia pada 1991 ketika perayaan Alla Berattares Dag (Hari Semua Pendongeng).

Mengutip Kompas, kemudian pada Maret 2009, perayaan tersebut tersebar dan dirayakan di enam benua. Oleh karena itu, 20 Maret resmi ditetapkan sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Loading...

Tak ketinggalan, siniar Dongeng Pilihan Orangtua yang bekerja sama dengan Puty Puar, ilustrator dan penulis, mengadakan webinar bertajuk “Jalin Komunikasi Kreatif Orangtua dan Anak Melalui Dongeng” dalam rangka menyambut Hari Dongeng Sedunia.

Puty Puar juga memublikasikan karyanya spesial untuk Hari Dongeng Sedunia dalam episode “Dongeng Pesta di Belantara Aksara” di siniar Dongeng Pilihan Orangtua.

 

 

Dengarkan juga episode lainnya bersama anak, agar orangtua bisa membangun kedekatan dengan anak melalui dongeng.

Lalu, sebenarnya dongeng bermanfaat apa sih bagi anak, selain sebagai media hiburan?

Membangun Literasi Anak Melalui Dongeng

Dalam KBBIliterasi sendiri bermakna kemampuan menulis dan membaca; serta kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk

kecakapan hidup.

Anak yang diberikan bacaan anak atau dongeng oleh orangtua sejak dini, membuat kemampuan literasi anak terasah, kompas

 

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...