Mahasiswa HI Fisip Unri Belajar Jurnalistik di Riau Pos

REDAKSIRIAU.CO.ID  PEKANBARU, - Lebih dari seratus mahasiwa dari Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (Komahi) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Riau (Unri) mengikuti kegiatan Riau Pos Educational Trip (RET), Kamis (17/2).

Mereka belajar tentang jurnalistik dan pengaruh Riau Pos Group baik cetak yaitu koran Riau Pos dan televisi yaitu Riau Televisi (RTV) terhadap hubungan Indonesia di dunia internasional.

 

Loading...

Baca Juga : Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui KKG

Ketua Pelaksana Kegiatan Eva Saragih didampingi Wakil Ketua Ilham Hafiz mengatakan, dirinya dan seratus mahasiwa Jurusan Hubungan Internasional senang sekali bisa diterima dan banyak mendapat ilmu dengan kunjungan itu.

"Selama kami hanya mengira bahwa membuat berita itu sangat sederhana. Dengan kegiatan ini kami dapat pemahaman bahwa pemberitaan di Riau Pos sangat hati-hati dan pasti terkonfirmasi dengan narasumber sehingga terpercaya. Bahkan berita Riau Pos dibaca sampai di luar negeri," kata Ev

Rombongan disambut Wakil Direktur Utama Riau Pos Ahmad Dardiri, Manager Pemasaran Syahrul Mukhlis dan Pemimpin Redaksi Riau Televisi Alseptriadi serta tim Riau Pos Educational Trip.

Saat datang, rombongan berkesempatan melihat studio RTV dan memahami dunia jurnalistik dari sisi audio dan visual itu. Kemudian rombongan mendapatkan informasi soal bagaimana proses sebuah kejadian sampai menjadi berita dan dibaca oleh ribuan pelanggan Riau Pos.

"Di mata dunia internasional, tentunya Riau mendapat perhatian. Di Riau ada perusahaan dari Amerika. Di Riau juga ada kebun sawit terluas yang menjadi perhatian dunia. Tentunya berita soal kebijakan di Riau menjadi perhatian bagi negara seperti Amerika. Tentunya berita Riau Pos itu dibaca sampai di Amerika sana," kata Ahmad Dardiri.

Selanjutnya mahasiswa mendapatkan kesempatan tanya jawab bagaiamana perusahaan media dapat memainkan peranan sebagai kontrol sosial dan bahkan mempengaruhi stabilitas keamanan.

"Maka berita di Riau Pos ditunggu oleh berbagai kalangan baik pelaku usaha, perusahaan, pemerintah. Dan Riau Pos berperan menjaga kondusif keamanan dan keberlangsungan ekonomi," kata Ahmad Dardiri.

Situasi tanya jawab semakin antusias dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa kepada Wakil Direktur Utama Riau Pos tersebut. Bahkan beberapa mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat mendapat hadiah pulsa.

Veronika Lestari Silaen dengan pertanyaan yang dinilai paling baik mendapat hadiah. Saat wawancara, Veronika mengatakan sangat puas sekali dengan kegiatan Riau Pos Educational Trip.

"Dari yang disampaikan Pak Wakil Direktur Utama tadi, proses pemberitaan di Riau Pos melewati tahap demi tahap sehingga menjadi layak berita dan masuk proses cetak. Ini menambah wawasan dan kami sangat senang ikut kegiatan ini," kata Veronika.(rul/c)

RIAUPOS

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...