Desa Kuno Lebih Tua dari Piramida Mesir Ditemukan di Sebelah Utara Kairo

REDAKSIRIAU.CO.ID  Sebuah desa kuno ditemukan di Mesir. Desa ini konon berumur lebih tua dibandingkan Piramida Giza.

Dilansir dari express.co.uk, para arkeolog menduga desa tua ini sudah ada sejak 5000 SM. Tim arkeolog  menemukan desa kuno di Tell el-Samaa, 87 mil sebelah utara Kairo. Temuan ini dikonfirmasi oleh Kementerian barang antik sebagai salah satu pemukiman tertua di negara itu. Pemukiman ini sudah ada sebelum zaman Firaun.

Arkoelog memperkirakan desa itu setua 5.000 SM, lebih tua dari Piramida Agung Giza. Sebagai informasi, konstruksi piramida dimulai 2.500 tahun setelahnya.

Di desa itu, terdapat, silo makanan yang berisi tulang dan alat-alat hewan. Temuan ini tidak hanya  menyiratkan komunitas manusia yang stabil tetapi juga bisa mengarah pada informasi baru tentang metode bertani yang dilakukan pada saat itu

Pertanian di wilayah tersebut pada waktu itu dianggap tergantung pada hujan. Dugaan awal ini dapat menjadi kunci informasi lebih banyak tentang pertanian dan irigasi.

"Menganalisis bahan biologis yang telah ditemukan akan memberi kita pandangan yang lebih jelas tentang komunitas pertama yang bermukim di Delta dan asal-usul pertanian dan bertani di Mesir," kata Nadia Khedr, pejabat kementrian barang antik Mesir.

Mesir dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat peradaban yang sangat tinggi. Dari sekian banyak peninggalan peradaban Mesir kuno yang masih kokoh hingga saat ini adalah piramida.

Dalam sejumlah literatur disebutkan, piramida dibangun pada masa pemerintahan Firaun yang bernama Khufu (Cheops), yang memerintah dari 2576-2467 SM. Ia adalah dinasti keempat Firaun.
 

Ada tiga piramida besar yang ada di Mesir. Ketiga piramida ini diberi nama Khufu (Cheops), Khafre (Rakhaef/Chephren), dan Menkaure (Mycerinus). Kemudian, ada tiga piramida kecil di sekitarnya. Piramida Khufu disebut juga dengan Piramida Giza karena bangunannya tampak lebih besar dibandingkan lainnya.

Riaugreen

Loading...

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...