Ini Kata Erick Thohir Soal Bagi Hasil Bank Syariah yang Mahal

REDAKSIRIAU CO.ID  Menteri BUMNErick Thohir mengungkapkan bahwa bagi hasil bank syariah memang lebih mahal jika dibandingkan bunga di bank konvensional. Erick sudah menyampaikan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi)

“Kami ingin mengajukan terobosan daripada sistem bagi hasil yang selama ini dianggap lebih mahal sedikit daripada bunga untuk Himbara,” ungkap Erick dalam Peringatan Hari Santri Nasional dan Peluncuran Logo Baru MES, Jumat, 22 Oktober 2021, sebagaimana dilansir Bertuahpos.comdari CNNIndonesia.com.

Erick tak menjelaskan lebih lanjut mengenai sistem bagi hasil seperti apa yang diajukan ke Jokowi. Diketahui, bagi hasil yang dimaksud Erick sama seperti istilah bunga yang digunakan di bank konvensional.

Loading...

Selain itu, Erick juga meminta dukungan kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani agar ekonomi syariah bisa bermanfaat untuk pengusaha. Hal ini agar tercipta keseimbangan ekonomi di dalam negeri.

 

“Kami ingin ada dukungan dari Gubernur BI dan Menteri Keuangan agar bergeraknya ekonomi syariah bisa juga bermanfaat untuk pengusaha-pengusaha yang memang pada saat ini menjadi bagian terpenting untuk keseimbangan ekonomi,” jelas Erick.

Sebelumnya, Ustaz Yusuf Mansyur sempat mengkritik bank syariah, khususnya PT Bank Syariah Indonesia Tbk yang memberikan pembiayaan mahal kepada masyarakat. Salah satunya adalah margin tinggi untuk pembiayaan perumahan secara syariah. Ia menduga hal ini terjadi karena bank ingin memperbesar cuan alias keuntungan semata.

“Ayo duduk. Supaya murah gimana. Biar masyarakat dapet halal, syari’i, tapi kompetitif dan menyenangkan. Naro (dana) murah, ambil (pembiayaan) mahal. Kan ngemalesin,” ujar Yusuf dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Kamis, 20 Oktober 2021

Betuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...