Menkes Budi Gunadi Sarankan RS Hanya Rawat Pasien Covid-19 dalam Kondisi Berat

EEDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyarankan agar rumah sakit merawat pasien Covid-19 dengan kondisi berat. Hal ini guna untuk mengantisipasi tidak terakomodirnya pasien yang membutuhkan penanganan serius akibat Covid-19, lantaran ruangan di rumah sakit penuh.

“Silahkan Satgas Penanganan Covid-19 di daerah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit. Jadi pasien dengan gejala ringan sebaiknya tidak diisolasi di rumah sakit,” katanya.

Advertisement

Loading...

 

Budi Gunadi mengatakan pihaknya banyak mendapat laporan soal minimnya ketersediaan ruangan di rumah sakit karena diisi oleh pasien Covid-19, padahal pasien itu hanya mengalami gejala ringan. Harusnya, untuk pasien Covid-19 kategori itu bisa dilakukan isolasi mandiri di rumah atau di tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah.

“Bantu mereka disana, kasi obat, diawasi dan dimonitor sama rumah sakit atau puskesmas setiap hari dan tak perlu dimasukan ke rumah sakit, karena seharusnya kondisi pasien tersebut akan semakin membaik asal dia diisolasi agar tidak menular,” tambahnya.

Baca: Jelang Diberlakukan Belajar Tatap Muka, Kadiskes Riau: Satgas Sekolah Itu Penting

Dia mengatakan, selain untuk menjaga ketersediaan ruangan, pihak rumah sakit juga bisa lebih konsen melakukan penanganan kepada pasien Covid-19 dengan kondisi berat.

“Kalau pun kurang cara yang cepat nambahnya yaitu dengan cara konversi yang ada sekarang, di cek masing masing rumah sakit baik itu swasta, daerah dan lainnya, kalau misalnya ada di satu rumah sakit kamarnya banyak dan untuk penanganan Covid-19 masih sedikit. Ttu bisa dinaikkan atau dikonversi, karena itu cara yang paling cepat,” ujarnya.

Budi Gunadi juga meminta kepada pihak rumah sakit agar selalu disiplin dalam melakukan penanganan kepada pasien. (betuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...