2024, HM Wardan Target Prevalensi Stunting Inhil dibawah 18%

M Wardan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

REDAKSIRIAU.CO.ID, INDRAGIRI HILIR – Bupati Inhil HM Wardan targetkan prevalensi stunting Kabupaten Inhil dibawah 18% di tahun 2024 mendatang. Persentase ini berada dibawah target prevalensi yang tertuang pada RPJMD Provinsi Riau tahun 2024.

Tahun 2018 prevalensi stunting Provinsi Riau 27,45%, dengan target 18% maka secara rata-rata penurunan stunting per tahun di Riau ditargetkan sebesar 2%.

“Kalau Provinsi 18% kita buat di bawah 18%. Karena keberhasilan Provinsi tergantung pada kabupatennya. Nanti pada revisi RPJMD kita masukkan stunting ini,” Ujar Bupati saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Stunting di Kab Inhil di Aula Kantor Bappeda Inhil, kamis (21/1/21)

Loading...

Untuk itu Bupati meminta kepada para Camat yang daerahnya menjadi lokus stunting dapat mengkoordinir penanggulangan stunting.

Dalam kesempatan ini, Ketua TP-PKK Kabupaten Inhil Hj Zulaikhah mengungkapkan bahwa stunting juga merupakan program prioritas TP-PKK Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/ Kota.

“Berpijak pada kegiatan di tahun 2020 ada namanya Gerakan Satu Hati. Seluruh Balita harus kita timbang. Baru kita tahu jumlah angka stunting, kemudian baru kita lakukan program. Ada pencegahan ada penanggulangan,” disbut Zulaikhah.

Pencegahan, imbuhnya, sudah dilakukan dengan kerjasama antara Muslimat NU, Kemenag, dan Dinas Kesehatan dengan memberi penyuluhan terhadap calon pengantin.

“Mungkin ini bisa jadi data pendukung dalam penilaian. Untuk pelaksanaan di daerah, Pak Camat bisa mengajak dan mengaktifkan seluruh Ketua TP-PKK melalui kelompok dasawisma yang diberikan sosialisasi pemanfaatan lahan perkarangan dalam rangka pemenuhan gizi,” tutup Ibunda Kabupaten Inhil ini.

Untuk diketahui, WHO menargetkan prevalensi stunting dunia kurang dari 20%. Prevalensi stunting Nasional tahun 2019 sebeesar 27,69%. Target penurunan stunting Nasional 3% pertahun, dan target RPJMN tahun 2024 diharapkan mencapai angka 14%.

Selain Bupati Inhil HM Wardan dan Ketua TP-PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Rakor ini juga dihadiri langsung oleh Sekda Inhil Afrizal, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan Camat.

 

detikriau.org

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...