Tahun Depan Mulok Budaya Melayu Riau di Sekolah Agama Diterapkan

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Kanwil Kementerian Agama [Kemenag] Riau memastikan bahwa sekolah-sekolah agama di Riau sudah akan memasukkan Budaya Melayu Riau dalam Muatan Lokal [Mulok] tahun 2021.

“Sekolah di bawah Kanwil Kemenag Riau akan menerapkan Mulok Budaya Melayu Riau,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Riau Mahyudin, Kamis, 17 Desember 2020.

Dia mengatakan, Mulok Budaya Melayu Riau dinilai dapat memperkuat keberadaan madrasah pada semua jenjang pendidikan di Riau.

Loading...

Hal ini selaras karena dasar nilai Melayu itu adalah Islam yang juga menjadi dasar aktivitas madrasah.

“Mulai semester depan atau tahun depan, BMR sudah dapat dilaksanakan di sekolah dalam lingkungan Kanwil Kemenag Riau,” kata Mahyudin.

Menurutnya, budaya Melayu identik dengan Islam, sedangkan orientasi madrasah adalah pendidikan Islam. Mata pelajaran ini dianggap sejalan dengan prinsip-prinsip itu.

Dengan memasukkan pendidikan BMR, madrasah di Riau berupaya langsung menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan masyarakat Riau.

 

“Tentunya, hal ini juga bisa berarti sebaliknya yakni bagaimana keislaman masyarakat Melayu menjadi sumber pengetahuan yang diajarkan kepada siswa,” ujarnya. “Dan tidak ada yang salah dengan mata pelajaran itu.”

Bertuahpos.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...