Presiden RI Pinta Para Gubernur Kebut Realisasi APBD

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Para gubernur diminta untuk sesegera mungkin mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau realisasi APBD 2020. Hal ini langsung disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Percepatan realisasi ABPD dalam rangka untuk pemulihan ekonomi daerah di tengah COVID-19.

“Momentumnya adalah di bulan Juli, Agustus, dan September, kuartal ketiga. Momentumnya ada di situ. Kalau kita enggak bisa mengungkit di kuartal ketiga, jangan berharap kuartal keempat akan bisa,” ungkap Jokowi dalam pertemuan dengan para gubernur se-Indonesia pada Rabu, 15 Juli 2020, seperti dilansir dari laman resmi kepresidenan.

Jokowi juga melihat realisasi untuk belanja modal di daerah juga belum maksimal. Para gubernur juga diminta untuk menggesa ini agar realisasinya maksimal. Salah satu daerah yang menjadi fokus sorotan Jokowi yakni Provinsi Sumatera Selatan. Hingga kini realisasi belanja modal di daerah itu baru 1,4%.

Loading...

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyoroti penyerapan APBD seluruh provinsi yang hingga saat ini masih berada di bawah 50 persen. Provinsi dengan penyerapan APBD terendah adalah Maluku Utara dengan penyerapan 17 persen, Papua, 17 persen, Sulawesi Tenggara 16 persen, dan Sumatra Selatan 16 persen. 

 

Bertuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...