Viral Obat Keras Pemutih Badan TCA Peeling Dijual Bebas, Ini Peringatan dari Dokter

REDAKSIRIAU.CO.ID Sebuah unggahan yang menunjukkan tangkapan layar akun di salah satu e-commerce di Indonesia yang menjualTCA Peeling untuk memutihkan badan beredar di media sosial Twitter.

Diketahui, obat keras tersebut dijual bebas dengan harga Rp 160.000. TCA Peeling merupakan obat keras untuk pigmentasi kulit.

Akun tersebut juga mengunggah dua foto yang memperlihatkan dua kondisi pengelupasan kulit.

Loading...

Unggahan ini pun mendapatkan respons beragam dari pengguna Twitter.

 

Tangkapan layar dari kondisi kulit yang mengelupas akibat penggunaan TCA Peeling.Twitter: @gr3xckTangkapan layar dari kondisi kulit yang mengelupas akibat penggunaan TCA Peeling.

 

Apa itu TCA peeling? Berbahayakah jika digunakan tanpa petunjuk dokter?

Obat keras, seharusnya tak dijual bebas

Dokter spesialis kulit yang juga dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, dr Dedianto Hidajat, SpKK-FINSDV, mengatakan, TCA merupakan obat keras yang seharusnya tidak diperjualbelikan secara bebas tanpa resep dokter.

"TCA ini tergolong cairan atau obat keras, seharusnya tidak boleh diperjualbelikan secara bebas tanpa resep dari dokter. Apalagi kalau dilihat di situ konsentrasinya termasuk tinggi 35 persen," ujar Dedi.

Ia menjelaskan, TCA adalah singkatan dari Asam Trikloroasetat atau Tri Chloro Acetic Acid.

Obat ini mengandung bahan atau cairan yang sering digunakan untuk tindakan chemical peeling di klinik kecantikan atau di rumah sakit.

Menurut Dedi, cairan TCA ini mempunyai sifat epidermolisis atau membuat kulit terkelupas lumayan hebat terutama jika tidak terkontrol dengan benar.

Kompas

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...