Inilah 4 Janis Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

REDAKSIRIAU. CO.ID Diabetes merupakan penyakit kronis yang kini banyak diidap manusia. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang mematikan. Diabetes terjadi akibat tubuh mengalami gangguan dalam memproses glukosa dalam darah. Penyakit ini kemudian digolongkan dalam 3 tipe, yakni tipe 1, tipe 2 dan tipe Gestasional.

Ada berbagai cara untuk menjaga gula darah agar tetap stabil dan tidak melonjak. Salah satunya adalah asupan makanan sehari-hari yang dikonsumsi. Makanan yang sehat seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan bisa menjadi jenis makanan yang menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Penderita diabetes disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gula dan kalori yang tinggi agar tidak menyebabkan melonjaknya kadar gula darah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah buah-buahan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Loading...

Baca: 

Apel

Buah apel kaya akan serat larut yang bersifat anti inflamasi, sehingga bisa membantu memulihkan penderita diabetes yang terkena infeksi. Kandungan serat larut pada buah apel juga mampu membuat perut kenyang lebih lama dan menghindarkan mengonsumsi camilan yang bisa memicu terjadinya obesitas. Selain itu, serat larut juga mampu memperlambat penyerapan nutrisi kedalam aliran darah, salah satunya gula.


Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang memiliki kandungan karbohidrat rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, alpukat kaya akan lemak sehat yang membuat perut kenyang lebih lama. Alpukat juga mampu membantu tubuh menggunakan insulin dengan efektif.


Belimbing

Sama seperti alpukat, buah belimbing juga memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah. Buah belimbing juga mengandung serat tidak larut yang efektif menyerap glukosa dan menunda pelepasan glukosa dari pati. Hal ini tentu saja sangat baik untuk penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah.

Betuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...