Berjalan Tanpa Alas Kaki Punya Banyak Manfaat Kesehatan

REDAKSIRIAU.CO.ID Berjalan tanpa alas kaki memang sudah sering dilakukan bagi sebagain besar orang saat di rumah. Namun lain halnya ketika di luar rumah atau alam terbuka, tidak banyak yang melakukannya dengan alasan untuk melindungi kaki dari kotoran ataupun terluka.

Meskipun demikian, banyak juga yang percaya bahwa berjalan tanpa alas kaki, sandal atau sepatu, di luar rumah atau alam terbuka itu menyehatkan. Dikutip dari laman Ciputra Hospitals (5/4/2019), berjalan tanpa alas kaki dapat menjaga keseimbangan tubuh serta meregangkan otot sekaligus memperkuat tendon, ligamen, pergelangan kaki dan betis.

 

Loading...

Hal tersebut dikarenakan berjalan tanpa alas kaki memungkinkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki di rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 persen. Berjalan tanpa alas kaki juga meningkatkan kadar endorfin pada otak yang memberi efek bahagia pada manusia.

Telapak kaki memiliki sejumlah titik refleksi yang terhubung ke hampir semua organ tubuh. Setiap titik refleksi kaki memiliki fungsi yang berbeda dan mewakili orga tubuh yang berbeda pula. Pada dasarnya titik refleksi kaki kanan dan kiri memiliki kesamaan letak titik saraf.

Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan untuk titik saraf organ di kepala yang letaknya terbalik pada telapak kaki. Misalnya saraf otak sebelah kanan ada ditelapak kaki sebelah kiri, sedangkan saraf otak sebelah kiri ada ditelapak kaki sebelah kanan.

Benjolan kecil, batu, atau permukaan kasar akan merangsang titik refleksi pada kaki. Meskipun pada awalnya mungkin terluka kecil, tepapi memiliki efek positif bagi tubuh untuk meredakan atau mengurangi berbagai gejala penyakit.

Saat waktu luang, sempatkanlah berjalan tanpa alas kaki di rumput. Bumi atau tanah memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, menguragni efek peradangan, hormonan siklus sinkronisasi dan irama fisiologis, juga memberikan efek ketenangan.

Jangan ragu untuk menanggalkan alas kaki saat beraktivitas ringan di alam terbuka seperti saat olahraga ringan. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga bagi ketentraman jiwa dan raga

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...