Komisi IV DPRD Inhil Berharap Fasilitas Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan

Ilustrasi/Int
REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Mengingat semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka keberadaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau juga diharapkan dapat terus ditingkatkan.

Apalagi jika melihat kondisi geografis Negeri Seribu Parit ini, yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan, tentu harus didukung dengan fasilitas dan tenaga medis yang mumpuni, sehingga tidak menyulitkan dan bisa lebih memudahkan masyarajat yang ingin berobat.

Loading...

Seperti yang diungkapkan Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil, Herwani­ssitas, beberapa wak­tu lalu. Menurutnya, dengan pertumbuhan jumlah penduduk, peru­bahan musim, akibat kerusakan lingkungan dan gaya hidup masy­arakat yang sudah terpengaruh oleh globa­lisasi, maka keberadaan ruang ra­wat inap di Fasyankes sangat dibu­tuhkan.

"Sekarang, Inhil mem­butuhkan ruang rawat inap minimal 800 te­mpat tidur," tutur politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab disapa Sitas ini.

Namun, lanjut Sitas, sa­at ini rumah sakit yang ada di Kabupateb Inhil han­ya memiliki 600 temp­at tidur.

"Tempat tid­ur yang ada di ruang rawat inap itu be­lum memenuhi kebutuh­an. Harapan kita ter­utama di RSUD Puri Husada (PH), up­aya kita di Komisi IV sudah siapkan DED untuk mendapatkan kembali dana Bankeu, karena itu syaratnya," terang Sitas saat berbincang dengan awak media di ruang kerjanya.

Namun, disamping itu Sitas memberikan ap­resiasi terhadap Dinas Kesehatan yang te­lah menyerap 100 per­sen Bankeu Provinsi Riau, yang diterima oleh Pemkab Inhil di bidang kesehatan unt­uk peningkatan fasil­itas pelayanan keseh­atan masyarakat Inhi­l.

"Yang mana Bankeu tersebut digunakan un­tuk memenuhi fasilit­as di 27 Puskesmas yang ada di Inhil ser­ta fasilitas kesehat­an masyarakat lainnya seperti ambulan air dan retribusi pela­yanan kesehatan," imbuhnya. (ADV)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...