Pemkab Inhil Tetap Komit Prioritaskan DMIJ

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Mempercepat pemerataan pembangunan, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menyatakan tetap memprioritaskan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) pada belanja APBD tahun 2017.

Selain pemerataan pembangunan secara fisik, DMIJ juga bertujuan untuk memperdayakan Sumber Daya Manusia diperdesaan agar dapat lebih maju dan sejahtera.

“Pelaksanaan program ini melibatkan masyarakat, mulai dari perencanaan, penganggaran dan seterusnya,”kata Bupati Inhil HM Wardan.

Loading...

Dikatakan, secara kasat mata keberhasilan program DMIJ dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas, merata dan terintegrasi sudah terbukti.

Membaiknya infrastruktur hingga ketingkat desa memberi imbas positif bagi masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian. Kini masyarakat tidak lagi harus bergantung dengan kondisi alam atau air pasang surut untuk memasarkan hasil bumi.

“Perangkat desa selaku pelaksana program DMIJ harus terus bersinergi dengan pemerintah kecamatan agar terwujudnya singkronisasi sehingga terwujudnya asas pemerataan pembangunan itu sendiri,” Pesan Wardan.

Jikalau saat ini masih didapati pembangunan desa yang memprihatinkan, hal itu diyakini lebih kepada persoalan desa yang tidak maksimal menjalankan program DMIJ.

Untuk itu Bupati berharap agar instansi terkait dapat maksimal memberikan bimbingan  agar  program yang dicanangkan dapat terlaksana sesuai kebutuhan yang diinginkan masyarakat saat ini.

Semenatara itu Kepala Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman mengatakan bahwa program DMIJ wujud pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah berkat DMIJ kita dapat memenuhi kebutuhan prioritas masyarakat,” Ujarnya sembari mengatakan jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya pembangunan Desa hanya bisa menunggu program yang diluncurkan dari pemerintah kabupaten.

Selain dimanfaatkan untuk operasional pemerintah desa, anggaran DMIJ lebih banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan desa, jerambah, jembatan, bahkan Kantor Desa. (ADV)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...