REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, H Said Syarifuddin, SE, MP, M.Sn memberikan kuliah umum kepada 313 Mahasiswa dan mahasiswi STAI Auliyaurrasidin tahun ajaran 2016/2017 yang juga bersempena dengan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) 2016, Senin (5/9/2016).

  

   Kegiatan yang bertemakan "Sebagai Langkah Awal Dalam Pembentukan Insan Akademis yang akan Menjadi Cendikiawan Muslim Untuk Menuju Generasi Emas" ini dipusatkan di Gedung  Abdurrahman Siddiq di parit 6 Tembilahan Hulu dengan dihadiri juga Ketua Yayasan, Ketua STAI, Dosen Dr.Ir.H.Sahrudin,MM, Dosen Drs.Helmi.D,M.Pd dan yang lainnya.

  

   "Pada hari ini saya menyampaikan kuliah umum Tentang  Perkembangan dan Tantangan Tantangan Ekonomi Syariah di Indonesia, bahwa lembaga Islam, pemaham tentang ekonomi syariah diperlukan bagi seluruh mahasiswa, baik program study ekonomi syariah maupun program study yang lain memahami bagaimana ekonomi syariah yang lagi tren di Indonesia," kata Sekda Inhil.

  

   Sekda juga mengimbau kepada mahasiswa baru agar belajar dengan baik serta bagaimana menggali ilmu semaksimal mungkin dan berprilakulah sebagai mahasiswa Islam yang selalu mengikuti ajaran-ajaran Islam.

  

   "Sebagai bentuk kepedulian atau mengajar, saya diminta juga mengajar di sini beberapa mata kuliah yang ada di program study syariah, insyaallah saya akan mengajar disini kalau memang di butuhkan oleh STAI. Pemerintah mendukung semua kegiatan-kegiatan yang ada di Inhil dari tingkat sekolah maupun perguruan tinggi," ungkap Sekda Inhil.

  

   Sementara itu, Ketua STAI Auliyaurrasidin, Drs. Muhammad Ilyas, MA saat diwawancarai menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan kuliah umum ini disetiap tahunnya dan setiap mahasiswa baru itu diwajibkan untuk mengikuti kuliah umum atau mengantar mahasiswa untuk kuliah selajutnya. Materi kuliah umum itu ada sangkut pautnya dengan materi-materi setiap jurusan mahasiswa.

  

   "Mahasiswa baru ini bukan hanya masuk begitu saja,tetapi ada awal pertama diberikan materi,baru mereka masuk kuliah. Supaya mereka tau perbedaannya perguruan tinggi dan tidak sama sekolah tingkat menengah atas," katanya.

  

   Selain itu, ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Sekda Inhil yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan materi kuliah umum ini.

  

   "Kami sangat bersyukur kehadiran Sekda Inhil karena bersedia memberikan materi yang ada sangkut paudnya masalah ekonomi syari'ah karena sekda juga serjana Ekonomi sedikit banyaknya memberikan dorong-dorongan tentang pembukaan jurusan dari pada ekonomi syari'ah di sini dan juga membantu kepada kami di sini dan memberikan dukungan terhadap STAI dan memberikan motivasi terhadap mahasiswa  khusus untuk jurusan ekonomi syari'ah  dan jurusan lainnya," ungkapnya.

  

   Lebih jauh Muhammad Ilyas menuturkan bahwa ada empat Program Studi (Prodi) yang diajarkan di STAI tersebut yaitu, PAI, PGMI, Ekonomi Syariah dan PGRA Pendidikan, oleh karena itu ia sangat menyambut baik kehadiran Sekda Inhil jika memang bersedia menjadi dosen di sekolah tinggi yang dipimpinnya tersebut.

  

   "Yang terutama kepada kami memudahkan komunikasi antara pemerintah daerah dengan pihak STAI, jadi kalau ada informasi-informasi kami mudah sekali. Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh mahasiswa/i untuk serius dalam menimba ilmu di STAI Auliyaurrasidin, jangan kecewakan orang tua yang telah berkorban untuk membiayai kalian untuk menimba ilmu disini. Harapan mereka agar kalian bisa menjadi orang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya. (Adv)