REDAKSIRIAU.CO, TEMBILAHAN - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Sukarwanto menjelaskan isi dan tujuan pokok Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 dan Sosialisasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Metode Baru yang digelar pada Jumat (18/12) di Wisma Kemuning Muda Kota Tembilahan.

"Sensus Ekonomi ini diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali pada tahun yang berakhiran angka ‘6’, Sensus yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 1986, 1996, 2006, 2016, dan im(SE) SE2016 ini merupakan sensus yang ke-4." Sebut Sukarwanto.

Beliau juga mengatakan bahwa Tujuan Sensus Ekonomi ini merupakan salah satu upaya mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian, sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Selain itu Sensus Ekonomi ini juga mempunyai tujuan khusus yang diantaranya adalah: -Memberi gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi. -Memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi. -Mengetahui karakteristik usaha di Indonesia. -Mengetahui daya saing bisnis di Indonesia

"Berkaitan dengan hal ini, saya berharap kepada Pimpinan, Kementrian, Lembaga, Pemda, untuk memberikan edukasi kepada para pengusaha/pengelola kegiatan di bawah binaannya, untuk memberikan informasi yang benar kepada petugas SE2016." Paparnya.

Dampak Ikutan Sensus Ekonomi ini juga akan melatih dan membuka lapangan kerja untuk 400-600 ribu orang, pemanfaatan anggaran hingga wilayah terkecil, terpencil, dan pinggiran, meningkatnya pemahaman aktifitas ekonomi ke seluruh pelosok Indonesia.

"Kepada semua pihak untuk dapat menyukseskan Sensus Ekonomi 2016 untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN." Tukasnya.